by

Ini Dia 3 Bakpia Jogja Favorit Oleh-oleh Khas Jogja

Bakpia Jogja – Saat kita berkunjung ke suatu tempat tentu perlu rasanyanya untuk membawa pulang buah tangan untuk keluarga dan kerabat di rumah. Demikian pula saat kita berkunjung ke jogja dimana terkenal sebagai tempat tersedianya banyak pilihan makanan khas yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh. Seperti kita ketahui makanan khas yang sangat terkenal di Jogja adalah gudeg. Namun lanntaran daya tahan makanan ini tidak terlalu lama rasanya kurang cocok dijadikan oleh-oleh terutama bagi wisatawan yang memerlukan banyak waktu untuk sampai ke rumahnya yang jauh.

         Maka dari itu sudah sejak lama ada olahan lain yang sudah sangat termasyur untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja yaitu bakpia. Bakpia adalah kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung yang kemudian dipanggang. Makanan ini sangat laris manis dibeli wisatawan karena rasanya yang sangat enak dan cukup tahan lama. Nah bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi mengenai bakpia khas Jogja berikut merupakan 5 yang paling terkenal diantaranya :

1. Bakpia Patuk 75

Pathok merupakan daerah sentra penghasil bakpia yang sangat terkenal di Jogja. Bakpia Patuk 75 merupakan salah satunya yang pusatnya beralamatkan di Jl. KS Tubun no.75 Yogyakarta. Bakpia ini sudah sangat terkenal dan telah memiliki sejarah panjang karena telah berdiri sejak tahun 1948. Yung Yen sang pendiri Bakpia Patuk 75 pada awalnya hanya memasarkan produknya dari rumah ke rumah namun saat ini Bakpia Patuk 75 telah memiliki 3 tempat penjualan yang selalu ramai dengan pembeli. Dua cabangnya terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 119 dan Jl. Magelang KM 4,5 Jogjakarta. Untuk jenis Bakpia Patuk 75 ini tersedia bakpia basah dan bakpia kering dengan berbagai varian rasa seperti coklat, buah, dan kopi. Bakpia ini juga terkenal cukup awet karena dapat bertahan hingga 2 minggu untuk bakpia basah dan bisa mencapai 1 bulan untuk jenis bakpia kering. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau yaitu Rp. 30-35ribu saja.

2. Bakpia Pathok 25

Masih dari daerah Pathok masih ada satu lagi bakpia khas Jogja yang melegenda yaitu Bakpia Pathok 25. Buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore 3 di toko tempat penjualan Bakpia Pathok 25 ini selalu bisa kita lihat para pembeli berdatangan. Bakpia ini telah memiliki 3 alamat penjualan yaitu di Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Jl. Laksda Adisucipto  KM. 9, dan Kios Pasar Pathok 14-18. Menghadirkan berbagai piliohan rasa seperti  kacang ijo, nanas, coklat, keju, durian, dan berbagai rasa lain bakpia ini dihargai Rp. 70 ribu untuk kotak isi 15 dan Rp. 80 ribu untuk isi 20.

3. Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Jogja

Walaupun belum memiliki sejarah panjang seperti halnya dua bakpia di atas namun Bakpia Kumala Sari telah memiliki banyak penggemar. Memiliki keunggulan pada kulit bakpianya yang sangat lembut dan ukurannya yang cukup besar membuat bakpia ini banyak dicari. Selain itu Bakpia Kurnia Sari juga  berinovasi dalam menghadirkan berbagai varian rasa yang menarik dengan rasa menggoda seperti greentea dan mete. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp.44 ribu saja untuk rasa reguler dan Rp.54 ribu untuk rasa spesial. Selain itu bakpia ini juga cukup awet karena dapat bertahan hingga 3 minggu jika disimpan dalam kulkas.

Demikianlah walaupun makanan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok namun karena sejarah yang panjang bakpia telah menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Yogyakarta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed